Jumat, 24 Januari 2014

Posted by Nashlam | File under :
Print Friendly and PDF
Puasa sunah ialah puasa yang  di anjurkan oleh Rasulullah saw.untuk di kerjaan oleh setiap kamu muslimin.yang apabila di lakukan mendapatkan pahala dan jika tidak di lakukan tidak mendapat pahala.

 131212499759772905


Macam  - Macam Puasa Sunah  

 
Puasa Senin kamis :

Perintah puasa sunah senin – kamis, terdapat dalam hadist :

  Dari Aisyah r.a.berkata,”Bahwa Nabi Muhammad saw.memilih puasa senin kamis .”(H.R.at-Tirmizi/Riyadus-Salihin:498)


     Dari Abi Qatadah r.a. Bahwa Rasulullah pernah di tanya mengenai puasa pada hari senin,maka beliau menjawab”hari Senin itu adalah hari ketika aku di lahirkan, hari ketika aku di utus,dan hari ketika Al-Qur’an di turunkan kepadaku”(H.R.Muslim/Riyadus-Salihin:497)


Puasa Enam hari pada Bulan Syawal

  Puasa Enam Hari pada Bulan Syawal hukumnya sunnah. Jika kita melakukan puasa enam hari pada bulan Syawal seolah-olah kita berpuasa satu tahun lamanya. Yang artinya:, bila kita berpuasa Ramadhan 30 hari dtambah puasa Syawal 6 hari, kemudian Allah melipatgandakan 10 kali lipat, maka jumlahnya menjadi 360.
 

   Sabda Rosulullah SAW. Yang artinya:

  Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, kemudian ia berpuasa lagi enam hari pada bulan syawal, maka ia memperoleh pahala seperti puasa satu tahun penuh . (HR. Muslim)
 

   Cara Puasa Enam Hari pada Bulan Syawal adalah:

-Mulai tanggal 2 Syawal sampai akhir bulan
Dilakukan dengan berturut-turut dari tanggal 2 sampai 7 Bulan Syawal atau berselang-seling, yangpenting jumlahnya 6 hari.


 
Puasa Arafah
 
Puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah. Tanggal 9 Dzulhijjah merupakan tanggal pertemuan Nabi Adam & Hawa yang pertama kali ke dunia. Orang yang berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah (Puasa Arafah) akan dihapus dosanya setahun yang lampau dan setahun yang akan datang.
Sabda Rosulullah S.A.W Yang artinya:

  Puasa hari Arafah itu menghapuskan dosa dua tahun, dosa satu tahun yang lalu dan dosa satu tahun yang akan datang.


Puasa Asyura

Puasa Asyura merupakan puasa sunnah yang dilakukan setiap tanggal 10 Muharam. Jika kita melakukan anjuran Rasulullah S.A.W dengan tulus dan ikhlas, maka Allah S.W.T akan menghapuskan dosa kita setahun lampau.
Sabda Rasulullah S.A.W Yang artinya:Puasa sunnah pada hari Asyura dapat menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu.
 
Puasa Rajab

"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu sorga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."

Riwayat al-Thabrani dari Sa'id bin Rasyid: Barangsiapa puasa sehari di bulan Rajab maka laksana ia puasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka Jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu sorga, bila puasa 10 hari Allah akan mengabulkan semua permintaannya....."

"Sesugguhnya di sorga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut".

Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi saw berkata: "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku."

Puasa  Sya’ban

  Keutamaannya,bulan ini adalah bulan dimana semua amal diangkat kepada Robb semesta alam


Puasa 3 hari setiap bulan

  Di sunnahkan pada hari- hari putih (ayyaamul Bidh) pada tanggal 13,14,dan 15 setiap bulan .


Puasa Nabi Daud

  Yaitu puasa sehari dan tidak puasa sehari.kemudian puasa sehari dan tidak puasa sehari.keutamaannya adalah karena puasa ini adalah puasa yang paling disukai oleh Allah
 

 



 

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Effect

Bleach - Kurosaki Ichigo's Sword Zangetsu